Apa sebenarnya Agama Yazidi

Sabtu, Agustus 23, 2014
Etnis Yazidi. Nama kelompok ini tiba-tiba mendunia, dikarenakan hampir seluruh media di dunia memberitakannya. Siapakah sebenarnya etnis Yazidi ini? Apa agama mereka? Dan benarkah Khilafah Islamiyah mendzolimi mereka dan membantai mereka?
Menurut situs siperubahan.com etnis Yazidi atau Yezidi, adalah kelompok ke-agama-an Kurdi yang terkait dengan Zoroastrianisme dan Sufisme. Kelompok ini tinggal di Provinsi Nineveh di Irak utara. Komunitas lain berada di Transkaukasia, Armenia, Azerbaijan, Turki, dan Suriah.
Dari Wikipedia zoroastrianisme adalah sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustrayang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran. Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna yaitu kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau “Tuhan yang bijaksana”.
Sementara itu, situs segiempat.com mengatakan bahwa Zoroastrianisme adalah sebuah agama yang pertama kali dicetuskan oleh Zarathustra, seorang filsuf dari Persia. Seperti agama-agama lain, Zoroastrianisme ini juga punya sesosok Tuhan yang disembah. Tuhan agama Zoroastrianisme disebut Ahura Mazda, yang dalam bahasa Indonesianya sama dengan ‘Tuhan yang Bijaksana’. Zoroastrianisme ini adalah salah satu agama yang Tuhannya memiliki sosok materil. Tuhan yang mereka sebut ‘bijaksana’ ini adalah api.
Jadi, agama etnis atau kaum Yazidi yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah agama musyrik, majusi, penyembah api. Banyak ajaran mereka yang menyimpang, klenik, dan merupakan ajaran turun temurun dari nenek moyang mereka. Misalnya, menurut ajaran ini, iblis dapat memasuki jenazah-jenazah manusia melalui kuku dan rambut yang mereka anggap kotor. Agar terhindar dari kontaminasi jahat, jenazah-jenazah para penganut agama ini diamankan sebisa mungkin. Solusinya, mereka membangun struktur yang disebut Dakhma (dalam bahasa Persia), atau yang lebih dikenal dunia dengan sebutan Silence of Tower, berdasarkan nama yang diberikan oleh Robert Murphy seorang Neologis pada tahun 1832.
Dalam keterangan yang lain, kelompok ini meyakini bahwa mereka diciptakan berbeda dari orang lain, bukan keturunan Adam, dan mereka cenderung memisahkan diri dari masyarakat lain di tempat yang mereka huni. Menurut Christine Allison, seorang profesor di bidang  Arab and Islamic Studies di Universitas Exeter di Inggris, juga penulis “The Yezidi Oral Tradition in Iraqi Kurdistan”, para penganut Yazidi memiliki hubungan dengan Kristen karena mengakui Yesus sebagai salah satu Nabi besar.
Selain itu, kaum Yazidi menganggap dirinya seorang inkarnasi dari Malak Tawwus. Dalam The Mashaf Reš, salah satu dari dua kitab suci Yazidi, Malak Tawwus adalah malaikat paling utama yang menolak sujud pada Adam.
Salah satu tokoh agama ini adalah Sheik Adi. Sheikh Adi menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Baghdad. Untuk mencapai kehidupan sufistik, ia mengasingkan diri di wilayah Kurdistan yang sudah lebih dulu berkembang gerakan-gerakan keagamaan seperti Zoroastrianisme. Meskipun ingin mengasingkan diri, tapi ia malah terkesan dengan asketisme yang dipraktikkan penduduk setempat. Ia berbaur dan tinggal di pegunungan Hakkari Kurdi di wilayah utara Mosul dan meninggal pada usia 90 (557 Hijrah atau 1162 M), ada pula yang mengatakan pada 555 Hijriah (1160 M). Kuburannya ditandai dengan tiga kubah kerucut di lingkungan desa Baadri. Tepatnya di Lalish, Irak, 20 kilometer ke Timur dari biara Nestorian Rabban-Hormuzd. Keturunannya masih hidup dan beranak-pinak. Makamnya masih menarik sejumlah besar orang untuk berziarah. Kalau umat Islam berhaji ke Mekkah dan Madinah, kaum Yazidi justru “berhaji” ke makam Sheikh Adi Ibn Musafir al-Umawiy. Berbagai macam prosesi sering diadakan untuk memperingati perjalanan hidupnya. Dari uraian di atas, cukup jelas apa sebenarnya agama kaum atau etnis Yazidi ini dan apakah itu bersesuaian atau bertentangan dengan Islam!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔